Friday, September 11, 2015

// // 53 komentar

Prompt #87 - Lagu kesedihanku

Bagikan:


Gambar tetaplah gambar, hanya dinikmati dengan mata. Namun aku merasakannya, gambar itu sedang bernyanyi. Irama syahduh dengan nada rendah, mengalun membawaku ke dasar dari jiwaku. Nuansa biru gelapnya membawaku jatuh jauh ke dalam pikiranku yang paling dalam. Tapi aku masih merasakan suara dari gitar yang ada dalam gambar, berbicara mengenai kesedihan.

Ah, mungkin merendahkan jika kusebut gambar. Itu adalah lukisan, "the old guitarist" karya maestro dunia- Piccaso.

Aku memandangi lukisan itu dan hanya terdiam dalam lokasi pameran. Banyak karya terkenal lainnya tapi hanya lukisan ini yang mampu menyentuh hatiku. Ah, mungkin peliknya masalah hidupku sedikit tercermin di dalamnya. Kesedihan, dan derita menjalani kehidupan.

"Apa yang membuatmu lama di sini?"

Yang berbicara adalah temanku, rekan kerja atau apalah itu sebutannya. Aku tersenyum sambil  menatapnya, "Aku melihat diriku di sini."

"Hei apa maksudmu Rian? Jangan berkata yang aneh. Ayo kita berkeliling ke lukisan lain. Masih banyak lukisan terkenal di pameran ini yang mungkin bisa memberimu inspirasi lagu."

Dia memagang tanganku, hendak mengajakku berkeliling. Namun aku menghentikannya.

"Tidak, Sam. Aku sudah menemukannya. Tidakkah kau mendengar dari lukisan ini."

"Hem, aku tak mengerti maksudmu."

"Baiklah jika kau tak mengerti, tapi biarkan aku memandangi lukisan ini lagi untuk mendengar suaranya."

Pameran di tutup, aku pergi namun kutinggalkan jiwaku untuk bebas memandangi lukisan itu. Aku mendapatkan inspirasi laguku. Kutuliskan pada kertas kmudian aku pergi meninggalkan tubuhku yang menulis lagu itu, kembali pada lukisan yang menunjukkan kesedihanku sendiri. Itu lagu kesedihanku.

53 comments:

  1. Terkadang lukisan bisa mengerti perasaan apa yang sedang kita rasakan yah:')

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya

      tapi setidaknya butuh kreatifitas tinggi pula untuk mengerti apa yang dilukiskan

      Delete
  2. Gambarnya memang punya makna yg dalam ya... walaupun kelihatannya sederhana, tp gambarnya kek menunjukkan sisi emosional yg terlihat seakan2 gambar itu hidup...

    Inspirasi lagu berarti bisa datang dari mana saja ya, termasuk dari gambar... perjalanan hidup seakan terlukis di sebuah lukisan karya maestro dunia... karya yg memang menginspirasi banyak orang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener banget tuh
      saya nulis ini juga karena langsung erinspirasi

      Delete
  3. suka sama cara penuturannya. bagus :D

    ReplyDelete
  4. Ini gimana ya? Bisa menjadi pendengar dalam lukisan. Apa perlu gue nyoba untuk bisa mendengarkan alunan dari foto di atas.

    "Oke, gue coba lihat dengan mata terlebih dahulu." Wait.......

    Oke, hampir semenit gue liatin yg terdengar hanya ocehan tetangga sebelah yang lagi labil mau masak cabe atau ikan.. -_-

    Mungkin gue harus mendalami ucap bahasamu. Secara garis besar, gue ngerti kok. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahaha... tetngganya galau masak tuh mas

      ini hanya penggambaranku aja kok. aslinya saya gk bener ngerasain gitu

      Delete
  5. Believe or not, aku lihat lukisan ini juga ngira kalau lukisan ini 'bernyanyi'. :D
    dan aku menciptakan nada2 sendu di otakku. Hebat lukisan ini. Bisa mempengaruhi orang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, dan kalau kamu baca sejarahnya. lukisan ini cukup suram loh

      Delete
  6. Aku bingung nih, maksud dari kutinggalkan jiwaku itu apa? Apa dia mati gitu?

    Tapi gambarnya emang mengerikan juga sih, aku aja kaget pas ngelihatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya sih kutinggal raga

      ibarat dia lagi berimajinasi soal lukisannya dan meninggalkan niat dia yang mau nulis

      Delete
  7. Yak keluar dr raga.

    Klo bneran bs dengar, ngeri

    ReplyDelete
  8. Gambarnya kok kelihatan serem gitu yaa apalagi bisa denger dia nyanyi, iih tambah serem deh kayagnya tapi emang lukisannya bagus banget, emosinya kerasa sangat kuat dari lukisan itu. memamg yaa kalo suka sama lukisan gitu ngak mau pengen pergi ajah dan terus memandangi..

    tapi beneran kelihatan serem, di tambah penjelasa loe juga makin serem tuh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin serem karena gradasi warna biru gelapnya itu

      Delete
  9. Serem kalau bisa dengar lukisannya bersuara. Bukan inspirasi yang gue dapat jadinya, tapi ketakutan. Lukisannya gue jadi sedih ngelihatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, emang penggambaran lukisannya itu sedih kok

      Delete
  10. They said, a picture could paint a thousand words. Makanya, kadang sebuah lukisan tuh bisa memberikan beberapa penafsiran. Mungkin Picasso mau menggambarkan lebih dari seorang pemusik jalanan, mungkin dia mau mengkritik keadaan sosial saat itu, atau suasana hatinya yg sedang kalut...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau baca di wikipedia, Dia nglukis ini menggambarkan temannya yang udah mati

      Delete
  11. gue gak gitu paham tentang lukisan lukisan, tp kalau yang buat Maestro Picasso berarti lukisan tuh bukan sekedar lukisan tp punya makna yang gak bisa dipahami oleh orang biasa. gitu katanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih, saya aja kurang paham sama maksudnya
      makanya ngandelin wikipedia

      Delete
  12. gambar dan ceritanya seram. Inspirasi bisa datang dari mana saja, termasuk dari gambar. Ceritanya berkaitan dengan gambarnya. Tubuhnya menulis, tetapi jiwanya tetap memandangi lukisan tersebut. Mungkin lukisan tersebut sebagian dari jiwanya. Atau lukisan tersebut memang mengisahkan sesuatu lagu yang menceritakan tentang kesedihan

    ReplyDelete
    Replies
    1. padahal saya nggak maksud bikin cerita seram ini.

      Delete
  13. kurang paham soal menilai lukisan
    tapi yang saya tahu lukisan'a lumayan seram

    ReplyDelete
    Replies
    1. kesan dari warna biru gelapnya itu yang bikin sedikit serem

      Delete
  14. Kalo dari kacamata gua ya kelihatannya dia tuh sengsara banget ya.
    Dan dia tuh mengaplikasikan kesengsaraannya lewat gitar. Sungguh gambar yang bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan
      maestro yang buat... saya sendiri kagum sama lukisan ini

      Delete
  15. prompnya terlalu singkat sih menurut gue
    menggambarkan seseorang yang seolah menemukan jiwanya dalam lukisan, dan terikat pada lukisan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kalau panjang saya malah akan jauh dari alur ceritanya

      Delete
  16. Semacam nemu lukisan yang mewakili dirinya banget gitu ya... sampe2 kayaknya bisa denger lukisan itu...
    yang gue tangkap sih gitu, gue masih terlalu awam buat paham sama nilai lukisan.. itu lukisan juga gue ngeliatnya malah biasa aja heh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya seperti tiulah mas
      kurng lebih lah kayaknya

      Delete
  17. Lukisannya agak serem gimanaaa gitu ya?._. Kalo dipajang dirumahku mgkin aku bakal ketakutan sndiri, apalagi klo gambar di lukisan itu gerak smbil jari2nya mainin sebuah lagu dari gitarnya. Duuhh.. Kok jd salah pemahaman gini yak aku? Jd mikirnya ke horror2... Haha

    Emg sih, lukisan itu di buat psti dgn mencurahkan isi hati jg.. Mgkin aja Picasso lg sedih pas gambar ini, atau habis dgrin lagu2 galau gtu.. Hehee
    Yg ngeliat gambar ini jg seakan2 ikut merasakan apa yg tercurah dr lukisan trsebut

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ada lukisan gitu saya lebih baik lari deh
      takut juga soalnya

      Delete
  18. Lukisan bisa menggambarkan apa yang dirasakan oleh pembuatnya. Itu bagi yang paham. Kalau aku nggak terlalu paham tentang lukisan. AKu malah takut pas lihat gambarnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang tidak paham hanya harus menikmati dan mengaggumi karyanya saja

      Delete
  19. Berarti Riyan punya jiwa senii yg tinggi, yang lain memandang lukisan hanya dari luarnya saja.

    Subconscious mind Rian kuat. Pesan yang dismpaikan masuk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya sih iya

      atau mungkin dia hanya berhalusinasi

      Delete
  20. seleranya seninya tinggi, piccaso...
    kalau gue seleranya paling-paling ya pelukis legend indonesia, affandi..
    mantap juga ya filosofi antara jiwa dan lukisannya. seakan-akan kalau lukisan itu real.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Affandi juga maestro indonesia loh. karyanya juga bagus

      yap, seharusnya seperti itulah lukisan yang sagat bermakna buat pelukisnya

      Delete
  21. lukisannya keren ini, suasana sedihnya jelas banget...

    ReplyDelete
  22. ngerri banget lukisannyaa... keliatan sedih banget....
    mungkin saking sedihnya si orang yang pegang gitar itu, dia sampe nggak maan, nggak mandi dan nggak ganti baju. liat aja tuh kurus gitu dan bajunya sobek. ihiiih... apaan sihhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu kesedihan si pelukis. dia ngelukis temennya yg dah mati

      Delete
  23. Kadang ketika ada dengan pegangan tangan antar cowok dalam tulisan gue geli sendiri dan ketawa... Maho nih. Haha kenapa gak nepuk pundak aja sih. :D

    Lukisan seperti halnya tulisan bisa mempunyai banyak makna bagi yang melihat dan membacanya, beberapa bahkan tidak bisa melihat maknanya dan hanya menganggapnya sebagai refreshing mata. Kalo saya sih lebih suka abstrak, bisa memberikan inspirasi.. :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. ckckck
      entah kenapa saya juga nulis kayak gitu
      ahahah


      wah saya pusing malah ngeliat yang abstrak

      Delete
  24. lukisan kadang bisa bicara, tapi kalo bicara beneran serem juga yah ckckckckck

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahaha iya mas, ngeri kalau beneran ngomong

      Delete
  25. lukisannya serem mbak, tapi mungkin beda presepsi bagi orang seni ya, cuman suka takut juga kalo ngeliat lukisan terlalu lama

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau lukisan nya bagus sih enak mbak

      tapi kalau lukisannya seram ya itulah.. takut bawaannya

      Delete
  26. kayae aku salah manggil lagi ya, harusnya mas bukan mbak yak hehe

    ReplyDelete
  27. Inspirasi memang bisa ditangkap dari apa saja dan mana saja, termasuk lewat lukisan gitar tua :)

    ReplyDelete

Pengunjung yang baik selalu berkomentar yang baik dan relevan.
Terimakasih.

Back to top